Proposal hidup, bagian 3

Rudi:
langkah ketiga dalam membuat Proposal Hidup:
Tentukanlah expertise apa yang ingin Anda kuasai.  Expert adalah orang yang paling ahli di bidangnya. Contohnya, kalau saya sebut siapa ahli pesawat? Habibie pasti salah satu nama yang disebut. Kalau saya sebut basket? Pasti nama Michael Jordan juga muncul. Mengapa? Karena, mereka adalah ahli di bidangnya masing-masing.

Bagaimana caranya menjadi seorang expert? Awali dengan menemukan keahlian dengan mengajukan pertanyaan: “Untuk  mewujudkan impian saya, keahlian apa yang harus saya kuasai? Apakah dengan keahlian itu, saya sangat yakin impian saya dapat tercapai?”

Atau dengan cara menuliskan pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai. Tulis pula pekerjaan atau aktifitas yang benar-benar ingin Anda kuasai. Lalu, temukanlah pekerjaan atau aktivitas yang Anda cintai sekaligus Anda ingin kuasai.

Mulai hari ini, fokuslah pada hal itu dan jadikan mengasah expertise yang sudah dipilih menjadi prioritas dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Agar mempunyai dorongan yang kuat untuk terus berlatih meningkatkan expertise, pastikan expertise Anda menghasilkan sesuatu dan memberi manfaat kepada banyak orang. Selain terus berlatih, Anda juga harus mencari komunitas yang mendukung peningkatan expertise Anda.

Nah pertanyaanya sekarang, Anda ingin ahli dalam bidang apa? Atau dengan kata lain, Anda ingin dikenal sebagai ahli apa? Ayo, tuliskanlah segera.

Sesungguhnya bangunan yang besar itu tersusun dari bahan-bahan yang kecil dan saling menguatkan. Impian besar Anda tak mungkin terwujud bila Anda mengabaikan hal-hal kecil dalam hidup Anda. Hal-hal kecil itu bisa dilakukan mulai sekarang.

Agar mimpi Anda kelak memiliki pondasi yang kokoh maka langkah keempat dalam membuat Proposal Hidup adalah: Sempurnakan Hidup Anda mulai sekarang.  Apa yang perlu disempurnakan? Pikiran dan hati Anda yang tercermin dalam sikap dan perilaku.

Untuk melakukannya, Anda perlu membuat 4 kolom:

Kolom pertama, tuliskan sikap dan perilaku negatif yang akan Anda buang.

Kolom kedua, tuliskan sikap dan perilaku yang akan Anda kurangi.

Kolom ketiga, tuliskan Sikap dan perilaku yang akan Anda tingkatkan.

Kolom keempat, tuliskan sikap dan perilaku positif baru yang akan Anda lakukan.

Apabila Anda bingung mengisi kolom tersebut, tanyakan kepada orang-orang terdekat Anda. Mintalah mereka memberi masukan tentang diri Anda sesuai dengan kolom yang sudah Anda buat.

Langkah kesatu sampai keempat itu tentang diri Anda.

Impian besar Anda akan semakin cepat tercapai bila Anda mendapat dukungan dari lingkungan Anda. Maka langkah kelima dalam membuat Proposal Hidup adalah: Sempurnakan Lingkungan Anda.

Anda ingin menjadi pengusaha? Masuklah dalam komunitas pengusaha. Misalnya subcribe channel http://telegram.me/wirausahamuslim Anda ingin menjadi “bintang” bergaulah dengan orang yang bermental bintang.  Anda ingin jadi jago jualan Anda bisa join dengan http://telegram.me/pasarmuslim perhatikan cara2 penjual mengiklankan produk barang dan jasanya

Tuliskanlah kelima langkah tersebut. Renungkan.  Baca lagi dan sempurnakanlah. Bila sudah yakin, sampaikanlah kepada orang-orang yang Anda percaya. Setelah Anda mendapat feed back dari mereka, sempurnakanlah kembali Proposal Hidup itu. Sudah Yakin? Bila sudah, berdoalah setiap saat agar Proposal Hidup Anda mewujud.

Apabila Anda telah membuat proposal hidup dan juga jadwal kegiatan dengan sungguh-sungguh tetapi Anda tidak konsisten melaksanakannya, menurut saya Anda tidak punya integritas.

Semakin besar perbedaan antara komitmen yang telah Anda buat baik melalui proposal hidup atau jadwal sehari-hari dan nilai-nilai terdalam yang ada di dalam diri Anda, saya yakin hidup Anda tidak bahagia.

Mengapa? karena Anda telah menghianati diri Anda sendiri. Anda tidak menjalankan apa yang Anda katakan…


Post a Comment

Popular Posts