NoRiba Membangun dan Mengurusi Market

Noriba membangun dan mengurusi market (anggota dan calon anggota) berdasarkan inspirasi Qs. Al anfaal ayat 72-73

*Pertama: IMAN*

Dalam bisnis NORIBA, iman menjadi *benefit emosi* yang mengikat persaudaraan yang kuat antara noriba dan market (anggota dan calon anggota). *Qs.49:10 , 9:71 , 49:15*

Sebagai bisnis yang baru mulai bertumbuh tidaklah mungkin kita ikut perang harga. Harga boleh jadi sama, dan masih sulit kita naikkan value dengan meningkatkan benefit fisik. Maka andalan kita adalah meningkatkan benefit emosi.

Kita lihat di lapangan market noriba adalah market yg semakin emosional. Say NO to RIBA.

Iman juga menjadi landasan pertumbuhan bisnis yang berkah *Qs.7:96*

hanya orang beriman saja yg dapat meninggalkan riba. Hanya orang beriman saja yang bersedia berada dalam satu barisan memerangi riba
*Qs.2:278-279*

hanya orang beriman saja yang dapat mendengar dan mengikuti solusi hapus riba *Qs.24:51*

Produk apa yang bisa kita kembangkan untuk *membeli emosi* market noriba?

Bagaimana kita meningkatkan benefit emosi untuk semua produk noriba? Sehingga market merasa butuh apapun produk yang dikeluarkan oleh noriba.

*Kedua: HIJRAH*
Mungkin kita belum bisa hijrah tempat. Mari kita hijrah mulai dari pola pikir sesuai dg Iman kpd Allah dan hari akhir untuk membendung badai debu-debu riba. Dalam hijrah kita saling memahami, saling mengurai masalah, dan saling memberi solusi

Dalam bidang bisnis, noriba terus berupaya memberikan destinasi hijrah, mulai dari komunitas yg saling dukung secara ekonomi sampai sistem transaksi yg tidak lagi menguatkan lembaga riba.

*Ketiga: JIHAD*
Dalam destinasi hijrah mari kita berjihad bersama. Jihad ekonomi. Berjuang bersama membangun ekonomi berjamaah. Tidak ada yg menunggu. Tidak ada yg menerima. Semuanya memberi  potensi apa yg dimiliki. Kita menerima modal setelah kita memberikan value nya.

Kita berjihad sesuai dengan peran yg kita miliki, tentu kita memiliki peran salah satu dari 4 peran berikut:
1. Produsen
2. Pekerja
3. Pedagang
4. Konsumen

*Keempat: SALING MENDUKUNG*
Tidak ada kewajiban bagi kita untuk menolong orang yg tidak mau saling dukung. Kerusakan terjadi karena kita tidak saling dukung. Koperasi noriba menjadi wahana kita untuk saling dukung mendukung.

Insya Allah aamiin.

Post a Comment

Popular Posts