Contoh model kerjasama Konsep Syirkah

NoRIBAMART: Penanaman Modal Akhirat

Model syirkah social bisnis dilahirkan berdasarkan inspirasi dari sebuah kisah seorang Nabi Allah yang dipercaya menjadi pejabat tinggi negara untuk mengatur persiapan-persiapan menghadapi masa krisis pangan.

فَلَمَّا دَخَلُوا عَلَيْهِ قَالُوا يَا أَيُّهَا الْعَزِيزُ مَسَّنَا وَأَهْلَنَا الضُّرُّ وَجِئْنَا بِبِضَاعَةٍ مُزْجَاةٍ فَأَوْفِ لَنَا الْكَيْلَ وَتَصَدَّقْ عَلَيْنَا ۖ إِنَّ اللَّهَ يَجْزِي الْمُتَصَدِّقِينَ

Maka ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, mereka berkata: "Hai Al Aziz, kami dan keluarga kami telah ditimpa kesengsaraan dan kami datang membawa barang-barang yang tak berharga, maka sempurnakanlah sukatan untuk kami, dan bersedekahlah kepada kami, sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah". (Qs.12:88)

Jual-beli plus sedekah dengan tujuan memusnahkan riba menjadi tema dari model syirkah social business ini.

Sambil berbisnis, NoRIBA membangun solusi bersama yang menjadi sinergi antara solusi komersil, yaitu Allah menghalalkan jual beli dan megharamkan riba (Qs.2:275) dan solusi sosial yaitu Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah (Qs.2:276)

Model syirkah social business (model SSB) membedakan diri dari model syirkah commercial business (model SCB). Bedanya adalah: dalam model SCB bagi hasil dibagikan kepada para pemodal dan pengelola. Sedangkan dalam model SSB bagi hasil tidak dibagikan, tetapi terus ditumbuhkan untuk kepentingan sosial. Para pemodal dan pengelola mendapatkan benefit lain di luar bagi hasil. Apa benefit lainnya itu? Akan dijelaskan kemudian.

Persamaan keduanya adalah kepemilikan saham syirkah dapat diperjualbelikan kepada anggota NoRIBA lainnya. Dan apabila bisnis merugi, sama-sama menanggung kerugian.

*Benefit Model SSB ini adalah:*

_1. Mempercepat penghimpunan dana sosial untuk pinjaman modal bergulir diantara anggota NoRIBA._

Target yang akan dihimpun sampai tgl 31 Mei 2017 sebesar 1 Milyar rupiah. Saat ini target tersebut sedang dicapai melalui penjualan Noriba Tetes Herbal (NTH).Dengan adanya inovasi NoRIBA berupa SSB Model, diharapkan akan membantu dan mempercepat pencapaian target tersebut. Anggota NoRIBA dapat memantau progres penghimpunan dan pemberdayaannya secara transparan dinoribacenter.com

_2. Menyerap tenaga kerja._

Pekerja merupakan satu dari 4 Pilar Kekuatan Ekonomi Umat yang difasilitasi oleh NoRIBA untuk bangkit dari keterpurukan akibat sistem riba. SSB Model ini akan menyerap banyak tenaga kerja insya Allah aamin.

_3. Menyediakan jalur distribusi bagi produk anggota._

Semangat 212 telah memberikan lahan subur bagi tumbuhnya minimarket muslim. Info yang terdengar sedikitnya ada 70 order pendirian minimarket sejabodetabek yang diterima oleh sebuah perusahaan ritel. Namun pertanyaannya, produk siapakah yang masuk dan semakin exist dalam jaringan distribusi tersebut? Kemanakah produk UKM Muslim terserap?

_4. Meluaskan akses pendidikan bisnis NoRIBA secara gratis (NoRIBA ACADEMY)._

Keempat Pilar Kekuatan Ekonomi Umat inilah yang hendaknya diberikan akses seluas-luasnya untuk mengikuti pendidikan bisnis NoRIBA secara gratis, yaitu: Produsen, Pekerja, Pedagang, dan Konsumen.

*Siapakah yang berhak mendapatkan semua benefit tersebut?*

Semua anggota NoRIBA yang bersedia berpartisipasi menjadi Pemodal dan atau Pengelola.

*Pemodal* membeli saham SSB Model minimal 1 lembar senilai Rp. 100.000,- Jumlah total lembar saham tersedia 5000 lembar @Rp. 100.000,-

*Prosedur pembelian saham*

Silakan mendaftarkan diri dinoribacenter.com dan menghubungi sekretariat NoRIBA _081807840405 - Bu Dewin (WhatsApp)_ untuk mendapatkan link WA Grup Pemodal NoRIBA

*Pengelola* adalah Manajemen NoRIBA Pusat bersama NSBC yang ditunjuk sebagai pelaksana.

*Penggunaan Modal*

Modal total senilai Rp 500.000.000,- digunakan untuk:

1. Pembelian property seperti: sewa tempat, meja, rak, portable booth, olshop dll sesuai kebutuhan

2. Pembelian inventory berupa produk-produk anggota yang akan dipasarkan.

3. Biaya operasional seperti gaji karyawan, transportasi dll.

*Strategi Penjualan.*

1. Online. Digital Marketing

2. Offline. Bazar. Minimarket.

*Monitoring dan Evaluasi*

1. Diskusi online via WA Grup

2. Laporan harian terkait arus kas, laba-rugi, dan neraca melaluinoribacenter.com

3. Valuasi nilai saham percatur wulan.

Semoga menjadi berkah untuk semua.

_insya Allah aamiin_

Post a Comment

Popular Posts