Bebaskan dirimu dari Riba

Assalamualaikum wr wb
Bismillah...

Mohon izin, saya melanjutkan edukasi NoRIBA untuk lebih melekatkan silahturahmi diantara kita. Insya Allah aamiin.

Edukasi sebelumnya bisa dilihat di alquransolusiriba.blogspot.com

Ada yang terkaget-kaget setelah melihat fakta ayat dan hadis betapa riba ini adalah dosa besar yang pelakunya diancam perang oleh Allah.

Kenapa sepertinya saya baru mendengar ayat ini?
Jika sedemikian besar dosa dan bahayanya, kenapa tidak sering disampaikan dalam pengajian-pengajian?
Walah, saya kira yang kena dosa riba itu hanya yg meminjamkan dengan bunga, sebagai peminjam ternyata saya kena juga. Padahal saya minjamnya ga mau kena bunga loh mas. Tapi ya gimana lagi, hadisnya bilang begitu. Ya saya harus tunduk.
Tobat....tobat.....tobat...

Demikian respon lapangan yang sering kita jumpai.
Ayat dan hadis tentang riba ini seperti perkara baru saja dalam agama hehehe....padahal sudah ada sejak zaman nabi dulu.
Riba bukan bid'ah, tapi haram !!

Bapak ibu, teman-teman NoRIBA yang saya cintai karena Allah....
Kenapa respon seperti itu terjadi?
Apakah ayat-ayat Allah ini disembunyikan? Sehingga banyak yang jahil tentang riba?

Ya pastinya begitu.
Ini peringatan keras bagi orang yang menyembunyikan fakta ayat.

اِنَّ الَّذِيْنَ يَكْتُمُوْنَ مَآ اَنْزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنٰتِ وَالْهُدٰى مِنْۢ بَعْدِ مَا بَيَّنّٰهُ لِلنَّاسِ فِى الْكِتٰبِ ۙ  اُولٰٓئِكَ يَلْعَنُهُمُ اللّٰهُ وَ يَلْعَنُهُمُ اللّٰعِنُوْنَ
Bb
"Sungguh, orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan dan petunjuk, setelah Kami jelaskan kepada manusia dalam Kitab (Al-Quran), mereka itulah yang dilaknat Allah dan dilaknat (pula) oleh mereka yang melaknat,"
(QS. Al-Baqarah : 159)

Perkara riba, bahaya dan solusinya begitu terang dijelaskan dalam Al-Quran. Tapi kenapa makin hari makin terasa umat tak berdaya lepas riba?
Apakah umat sengaja dibuat jahil perkara riba dan solusinya?
Ayat-ayat disembunyikan?
Maka terlaknatlah mereka yang menyembunyikan ayat-ayat Allah. Mereka tahu tentang larangan riba tetapi tidak disampaikan. Lidah menjadi kelu untuk Amar makruf nahi mungkar terkait riba.

Pantaslah Al-Quran sebut mereka sebagai penghuni neraka, kekal di dalamnya.

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا ......  ۗ  فَمَنْ جَآءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَ ۗ  وَاَمْرُهٗۤ اِلَى اللّٰهِ ۗ  وَمَنْ عَادَ فَاُولٰٓئِكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ  هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

"Orang-orang yang memakan riba..... Barang siapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barang siapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya."
(QS. Al-Baqarah : 275)

Kecuali orang-orang yang bertobat
Maka,
Solusi riba yang paling pertama adalah solusi keilmuan, edukasi. Mengajak kepada pertobatan.

اِلَّا الَّذِيْنَ تَابُوْا وَاَصْلَحُوْا وَبَيَّـنُوْا فَاُولٰٓئِكَ اَ تُوْبُ عَلَيْهِمْ ۚ  وَاَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

"kecuali mereka yang telah bertobat, mengadakan perbaikan dan menjelaskan(nya), mereka itulah yang Aku terima tobatnya dan Akulah Yang Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."
(QS. Al-Baqarah : 160)

Pernah,
Suatu ketika saya datang ke Jogja. Mau bersilahturahim dengan sebuah komunitas anti riba. Ada yang bertanya, biasa inbox: komunitas apa mas? Komunitas anu, saya bilang. Mereka bisa bayarin utang riba atau hanya ngajarin cara bebas utang mas?

Oalah....pasti ini nyinyir lagi.
Saya bilang,
Yang pertama carilah komunitas yang mengajarkan kita ilmu, yang mengajak kita kembali kepada Allah, yang meringankan kita dari urusan dunia dan membuat kita fokus pada akhirat.

Karena....
Langkah pertama bebas riba adalah *TOBAT*. Nah itu perlu solusi keilmuan, bagaimana caranya bertobat, bagaimana kita kenali riba supaya tidak kembali lagi.

Tanpa *solusi keilmuan* kita tidak akan bisa lepas dari jerat riba.

فَمَنْ جَآءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَ ۗ  وَاَمْرُهٗۤ اِلَى اللّٰهِ ۗ

".....Barang siapa mendapat mauizhoh dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah...."
(QS. Al-Baqarah : 275)

Apa itu *mauizhoh*?

هٰذَا  بَيَانٌ لِّلنَّاسِ وَهُدًى وَّمَوْعِظَةٌ لِّلْمُتَّقِيْنَ
"Inilah (Al-Qur'an) suatu keterangan yang jelas untuk semua manusia, dan menjadi petunjuk serta pelajaran (*mauizhoh*) bagi orang-orang yang bertakwa."
(QS. Ali 'Imran : 138)

Jadi....
Kita mendapatkan pelajaran (*mauizhoh*) dari Al-Quran supaya bebas riba.

Maka carilah komunitas anti riba yang mengajak anggotanya membaca Al-Quran, membaca solusi dari Al-Quran. Bapak Ibu yang bergabung di *NoRIBA GROUP* melalui link bit.ly/GabungNoRIBA juga akan diajak bersama-sama membaca Al-Quran sebagai solusi riba.

Lalu setelah *tobat riba* apalagi mas tris?
Kita kembali ke ayat yang kita sudah copas di atas

اِلَّا الَّذِيْنَ تَابُوْا وَاَصْلَحُوْا وَبَيَّـنُوْا فَاُولٰٓئِكَ اَ تُوْبُ عَلَيْهِمْ ۚ  وَاَنَا التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

"kecuali mereka yang telah bertobat, mengadakan perbaikan dan menjelaskan (nya), mereka itulah yang Aku terima tobatnya dan Akulah Yang Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang."
(QS. Al-Baqarah : 160)

Setelah *tobat*, kita lakukan *perbaikan*.

Riba ini merusak secara mentality dan ekonomi. Maka gerakan NoRIBA adalah rehabilitas mental dan ekonomi. Rehab mentalnya melalui jalan pertobatan, kembali pada Allah, kembali pada Al-Quran. Dan rehab ekonominya melalui *solusi komersil*

Gathering investor di Kampoeng Kurma Jasinga Bogor 27 Agustus 2017 merupakan salah satu solusi komersil. Acara gathering ini 100% gratis. Silakan mendaftar ke bit.ly/GatheringInvestor

Melalui Kampoeng Kurma Group kita melakukan pemberdayaan ekonomi tanpa riba berbasis kurma. Untuk NoRIBA Group mengajak anggotanya ikut berinvestasi mulai dari nominal 500ribu rupiah.

Selain solusi komersil, perbaikan produktifitas (*aslahuu*) juga kita lakukan melalui solusi sosial. Ini kita lanjutkan penjelasannya nanti ya...

Sudah kepanjangan...

Edukasi NoRIBA ini akan terus berlanjut di semua grup NoRIBA.
Insya Allah aamiin.

*note:*

1. Boleh dishare supaya manfaatnya bisa meluas. Dan mohon tidak mengurangi keseluruhan info dalam tulisan ini. Bila ada koreksi silakan bit.ly/KontakMasTris

2. Mari kita aja keluarga dan sahabat untuk berdaya bersama NoRIBA Group. Daftarnya ke sini ya bit.ly/GabungNoRIBA

Comments

Popular Posts